MANFAAT BATANG KAKTUS

Manfaat Batang Kaktus
=======================




Kaktus merupakan tumbuhan berduri yang dikenal sebagai tanaman gurun. batangnya diselimuti duri kecil yang tak lain adalah daunnya bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel. Berbeda dengan tanaman lainnya, tanaman ini memiliki struktur jaringan sendiri yang disebut sebagai areole.


Batang kaktus memiliki struktur yang tak terlalu keras. Pada umumnya, batang tanaman ‘hemat air’ ini memiliki warna hijau. Namun, tak sedikit pula yang memiliki warna-warna mencolok sehingga dijadikan tanaman hias. Jika dibelah, bagian dalam batang tanaman ini akan menyerupai  spons berwarna putih. Fungsi dari dari jaringan yang menyerupai spons ini adalah untuk menyimpan cadangan air. Mekanisme lain yang dimiliki tanaman ini adalah lapisan lilin pada bagian luar batangnya. Lapisan ini berfungsi untuk menahan agar cadangan airnya tidak menguap.




Meski sering dijadikan tanaman hias, sebenarnya manfaat kaktus tidak hanya sebagai pajangan saja. Banyak orang yang tidak tahu mengenai manfaat batang ini bagi kesehatan. Padahal, manfaat batang tanaman berduri ini sangat besar dan bahkan dapat mengobati aneka penyakit. Berikut khasiat.co.id merangkumkan beberapa manfaat batang kaktus untuk kesehatan.

1. Alergi

Kandungan flavonoid dalam batang tanaman kaktus dapat berperan sebagai penangkal alergen. Mesti tak dapat menyembuhkan alergi, kandungan flavonoid dalam tanaman ini cukup untuk menghilangkan rasa gatal dan ruam merah akibat alergi. Tidak hanya itu, jika digunakan secara teratur, batangnya yang dihaluskan juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

2. Penawar Racun Akibat Gigitan Serangga

Batang kaktus mengandung senyawa hordenine dan tyramine yang mampu menawar racun akibat gigitan serangga. Manfaat ini bisa didapat hanya dengan menumbuk batang kaktus lalu menempelkannya pada aera yang terkena gigitan. Tak hanya itu, cara seperti ini juga dapat menyembuhkan infeksi serta mengurangi peradangan.

3. Anti Tumor

manfaat batang kaktus lainnya yang belum banyak diketahui adalah sebagai anti tumor. Hal ini dikarenakan batang tanaman berduri ini mengandung antioksidan yang mampu melawan pertumbuhan sel abnormal, termasuk juga sel kanker.

4. Anti Kanker

Sama halnya dengan manfaat batang kaktus untuk mencegah tumor karena kandungan antioksidannya, batang tanaman gurun ini juga disebut sebagai anti kanker alami karena kandungan antioksidannya. Antioksidan ini nantinya akan beraksi dalam tubuh untuk melawan karsinogen, yaitu zat yang dapat menimbulkan kanker.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Arizona menunjukkan bahwa kandungan pektin dalam tanaman kaktus kan membantu tubuh menurunkan kolesterol jahat LDL. Tak hanya itu, pektin alam tanaman kaktus tidak akan mempengaruhi kadar kolesterol baik HDL.

6. Mengobati Diabetes

Tak hanya dapat menurunkan kolesterol, kandungan pektin dalam batang tanaman kaktus juga dapat menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu, tanaman kaktus juga dipercaya mampu mengobati Diabetes.

7. Menyerap Radiasi

Radiasi bisa ditimbulkan oleh sinyal elektromagnetik dari laptop maupun gadget lainnya. Efek radiasi yang seringkali muncul antara lain,  pusing, mata memerah atau yang paling parah adalah kanker. Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa bahaya radiasi yang semacam ini bisa dihindari hanya dengan menggunakan batang kaktus. cukup letakkan batang kaktus di dekat komputer, maka Anda akan terhindar dari bahaya radiasi.

8. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Manfaat batang kaktus yang sangat jarang diketahui adalah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. ketika dipotong, kandungan air dalam batang tanaman kaktus akan menetes. Menurut penelitian, air yang menetes ini mengandung taurin. Taurin merupakan asam amino yang mampu menangkal efek buruk dalam tubuh, termasuk racun yang menumpuk.

9. Anti Penuaan Dini

Tetesan air dari batang kaktus juga mengandung vit C, mineral  dan elektrolit sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit. Sifatnya yang menutrisi akan mencegah terjadinya penuaan dini dan juga kulit kering.

10. Anti Mabuk

Manfaat batang kaktus selanjutnya adalah untuk anti mabuk. Hal ini dikarenakan air tetasan batang kaktus mengandung betalains, yaitu sejenis antioksidan yang mampu membuat tubuh merasa lebih segar.

Komentar